Sabtu, 20 Juli 2013

Ajeran(Bidens Pilosa L)


Nama              : Ajeran
Nama Latin    : Bidens Pilosa L
Jenis              : Tanaman Liar
Keterangan   :
Ajeran, atau Bidens Pilosa L, dengan nama tiongkok “jin zhan yin pan” adalah tanaman obat (herba) yang sering sekali tumbuh di kebun, atau pinggir jalan secara liar, menyukai tempat terbuka, agak terlindung, dan ditanah yang agak lembab. Tempat tumbuhnya dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Tumbuhan ini juga merupakan penganggu tanaman musiman dan tahunan. Ya, terkadang saya pun mencabutnya. Tetapi itu dulu, ketika saya belum kenal siapa dia sebenarnya. Tanaman ini mempunyai tinggi 50-150cm, dan menyukai tempat yang panas, atau agak teduh, juga lembab. Batangnya berupa persegi berwarna hijau dan ujung batang kadang berbulu kasar. Daunnya terbagi tiga dan berbentuk bulat telur, dengan pinggir daun bergerigi. Bunganya yang lucu berkelopak warna putih dan kuning kecil-kecil.

Keistimewaan :
Seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai sebagai bahan obat-obatan. Akar, daun, dan akar. Tanaman ini bersifat agak dingin, rasanya pahit. Fungsinya antara lain adalah penurun panas atau antipiretik, anti radang (inflamasi), untuk menghentikan pendarahan, melancarkan peredaran darah, juga astringen. Jika diuji dalam laboratorium, ia mempunyai kandungan phytosterin B, bidentin, minyak atsiri, lilin, dan lemak..

Siapa sangka gulma yang sering kita cabut ternyata bermanfaat untuk mengobati penyakit antara lain influenza, demam, sakit tenggorokan, radang usus buntu, infeksi hepatitis akut, gastroenteritis, rheumatik sendi, juga radang selaput otak. Selain itu bisa juga untuk mengobati wasir, gatal-gatal (pruritus) dan sakit gigi. Dengan pemakaian biasanya 15-120gram dengan cara direbus.

Manfaat :
1. Penyakit Utama
- Rematik
Herba ajeran keting 30-60 gram, potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring, minum ramuan ini 2 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

2. Penyakit Lain
- Influenza, demam, sakit tenggorokan, radang usus buntuk, hepatitis akut, mencret, rematik sendi, dan radang selaput otak
Daun dan batang muda segar sebanyak 100-200 gram direbus dengan 2 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum dalam keadaan hangat atau dingin pada pagi hari sebelum sarapan. Ampas yang tersisa dapat digunakan untuk rebusan selanjutnya. Sebaiknya digunakan untuk sehari, dan diganti dengan bahan yang baru untuk hari berikutnya.
- Luka, digigit ular berbisa, disengat serangga, memar karena terpukul, wasir, dan gatal-gatal
Lumatkan daun ajeran segar secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Pemakaian lainnya bsa juga dengan cara direbus, kemudian dipakai untuk mencuci bagian yang sakit.
- Rabun mata
Rebus akar ajeran secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk obat tetes mata.
- Sakit gigi
Daun ajeran muda secukupnya, dikunyah beberapa menit, kemudian dimuntahkan (jangan ditelan).
- radang kulit yang bernanah, memar terpukul, wasir dan gatal-gatal 
bahan segar pun bisa dipakai mengobati dan caranya cukup mudah, yaitu, tanaman segar dilumatkan dan dipakai pada tempat dimana sakit itu terjadi. 
- Selain itu, untuk korengan, treatment agak unik 
Caranya, daun dilayukan diatas api, dan ditempel pada tempat yg sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar